5 Cara Yang Terbukti Efektif Mempercepat Komputer

Pasti semua orang memiliki impian untuk dapat menjalankan banyak program secara bersamaan, tidak lelet, dan tidak mudah hang.

Namun jika mereka ternyata mereka memiliki komputer yang lambat, ada beberapa cara yang terbukti efektif dapat mempercepat komputer.

Mari kita simak 5 cara berikut ini :

1. Menambah kapasitas RAM
RAM (Random Acces Memory) adalah tempat penyimpanan data memori di dalam komputer. Semakin besar kapasitas RAM maka semakin kecil beban komputer saat menjalankan program. Upgrade RAM Anda menjadi 2 GB, 4 Gb, 8 GB atau bahkan lebih.

2. Kurangi beban memori
Beban memori dapat berasal dari desktop yang terlalu penuh dengan shortcut, folder serta aplikasi, hapus shortcut yang tidak diperlukan agar beban memori menjadi lebih ringan serta uninstall program yang tidak diperlukan.

3. Kurangi penampilan
Menginstall theme yang berat hanya menambah beban memori. Anda dapat mengganti template Anda bisa template classic, hal ini banyak dilakukan di luar negeri. Tampilan yang menarik dapat diinstall jika komputer Anda memiliki spesifikasi yang cukup tinggi.

4. Jangan memasang antivirus berlebihan
Banyak yang menganggap memasang banyak antivirus membuat komputer menjadi aman dari gangguan virus. Ternyata semakin banyak antivirus yang diinstal, maka dapat membuat sistem komputer tidak stabil. Serta meningkatkan beban memori karena program antivirus bekerja selama komputer menyala.

5. Matikan program tidak penting di start up 
Tahukah Anda saat menggunakan Microsoft Office ternyata ada banyak program tidak penting  yang juga ikut bekerja. Cara mematikannya adalah  :
Klick Start – Run – Ketik "msconfig" – klick start up – Hilangkan ceklist program yang tidak perlu diperlukan – Klick  Ok dan restart komputer.

Subscribe to receive free email updates: