Memilih Sistem Operasi Versi 32-bit Atau 64-bit?


Teknologi 64-bit pertama kali diperkenalkan Microsoft melalui Windows XP Professional x64 Edition pada tahun 2005. Sejak saat itu, banyak yang ragu dan bingung untuk memilih versi yang tepat.

Mungkin Anda adalah salah satunya. Lalu apa bedanya 32-bit(x86) dan 64-bit(x64)?


Selain fakta OS(Operating Sytem) 64-bit memerlukan CPU 64-bit, juga beberapa perbedaan dari segi kemampuan dukungan RAM yang lebih besar, tambahan fitur security, serta extra processing power.


Keuntungan bisa langsung Anda dapatkan dari penggunaan sistem 64-bit adalah bisa menggunakan RAM dengan ukuran yang besar. Versi 32-bit hanya bisa untuk 4GB RAM, namun di 64-bit Anda bisa menggunakan hingga 192GB RAM!


Di versi 64-bit juga dilengkapi fitur PatchGuard untuk mencegah malware yang mengubah kernel. Ini penting untuk menjaga kestabilan sistem dari perubahan kernel yang tidak diinginkan.


Beberapa aplikasi yang membutuhkan algoritma matematis tinggi seperti rendering 3D akan berjalan dengan lebih optimal di sistem 64-bit. Program enkripsi juga berjalan lebih cepat di 64-bit.


Tetapi 64-bit juga memiliki kekurangan. Misalnya dukungan software yang lebih minim daripada 32-bit, dukungan driver yang juga minim – khususnya untuk hardware keluaran lama, serta performa yang “pas-pasan” jika digunakan di RAM kurang dari 4GB.


Setelah mengetahui hal tersebut, pastinya Anda akan lebih mudah menentukan pilihan.

Subscribe to receive free email updates: