8 Pusaran Air yang Terkenal di Dunia



Dibawah ini adalah beberapa pusaran air yang Terkenal di seluruh Dunia

Maelstrom Saltstraumen



Maelstrom Saltstraumen terletak di sebelah Norwegia, dekat Lingkaran Arktik, merupakan pusaran terkuat di dunia dan menciptakan arus pasang terkuat di dunia. Setiap enam jam, arus laut yang kuat dapat berjalan hingga 25 mil per jam karena lebih dari 105.668 galon gelombang air melalui selat sempit yang menghubungkan Skjerstadfjord dan Saltenfjord. Ketika arus surut, ada “window time” dimana kapal dapat berlayar disana, karena arus pada dasarnya tenang selama waktu itu. Namun penduduk setempat dan wisatawan tetap disarankan untuk selalu hati-hati saat berlayar disana karena arus bawah laut yang terus berputar, dengan memutar air, membuat pusaran dari Saltstraumen adalah pusaran air laut yang paling berbahaya di planet ini.

Maelstrom Moskstraumen



Sementara Saltstraumen adalah pusaran terkuat, Moskstraumen adalah yang paling terkenal. Mungkin terkenal berkat Edgar Allan Poe dan Jules Verne. Poe menulis cerita berjudul A Descent into the Maelstrom dan kemudian Verne mengacunya pada novelnya yang berjudul 20.000 Leagues Under the Sea. Herman Melville, juga menulis tentang pusaran ini melalui karakter Kapten Ahab di novel Moby Dick. Moskstraumen dianggap adalah pusaran air yang pertama yang disebut Maelstrom dalam sejarah.
Meskipun disebut Maelstrom, Mokstraumen yang terletak di lepas pulau Lofoten, hanyalah pusaran air terkuat kedua di dunia. Arus pasang surut kuatnya, yang lebarnya sekitar lima mil, mengalir sepanjang saluran laut dalam antara pantai Norwegia dan laut terbuka.

Corryvreckan Whirlpool



Pusaran air laut ketiga yang terbesar di dunia terletak di Selat Corryvreckan yang relatif sempit. Arus pasang Ekstrim yang membentuk pusaran air berputar-putar sebagian karena lokasinya yang berada antara dua pulau lepas pantai barat Skotlandia dan batu piramida di dasar laut. Gelombang setinggi 30 kaki yang membengkak dari kedalaman 100 depa dan gema dari keganasan alam ini terdengar dari jarak sepuluh mil jauhnya. Legenda-legenda aneh muncul dikalangan orang-orang Celtic tentang pusaran air yang menelan ini, yang dahulu terlihat hijau daripada biru. Corryvreckan pernah diklasifikasikan sebagai perairan yang tidak aman untuk pelayaran, namun penulis George Orwell mencoba untuk melintasinya. Perahu Orwell terdampar dalam waktu yang singkat.
Beberapa produser Skotlandia melemparkan manekin dengan jaket pelampung ke Corryvreckan atau “Brecan’s Cauldron” saat pembuatan film dokumenter yang disebut “Lethal Seas.” Boneka seukuran manusia itu menghilang ke dalam pusaran berbahaya. Ketika manekin itu kemudian ditemukan di tempat yang jauh, ditemukan goresan panjang dibagian bawahnya dan angka 262 kaki pada alat pengukur kedalaman menunjukkan kedalamannya. Discovery Channel mengambil film dan menayangkannya dengan judul “Sea Twister.”

Old Sow



Pusaran air terbesar di belahan bumi Barat disebut Old Sow. Pusaran ini terletak di antara pantai Deer Island dan pulau Moose di antara New Brunswick dan Maine. Old Sow namanya berasal dari “suara babi” yang terjadi ketika aliran berputar dan vortex menggelegak. Dianggap sebagai salah satu dari lima maelstroms yang paling berarti di dunia, pusaran ini menciptakan deru dahsyat ketika pasang kembali melawan angin yang kuat. Maelstroms Old Sow yang terbentuk antara teluk Fundy dan Passamaquoddy memiliki diameter sekitar 250 kaki, membengkak hingga 20 meter, dan mencapai kecepatan 17,15 mph.
Pusaran-pusaran berukuran kecil hingga medium di setiap sisi Old Sow disebut “piglets.” Hanya perahu-perahu kecil yang dianggap dalam bahaya jika melintasi Old Sow saat air pasang sedang berjalan. Kebanyakan perahu bermotor berhasil menavigasi perairan ini. Kejadian alam yang langka lainnya di sekitar Old Sow melibatkan upwellings, stnding waves, dan depresi non-vortexing dalam air.

Naruto



Selat yang memisahkan Naruto dan Awaji lebarnya kurang dari satu mil. Selat Naruto terletak dalam saluran yang sangat sempit dekat Hyogo.
Tingginya air pasang dari Samudera Pasifik datang ke Selat Kii dan melewati Osaka Bay dan Selat Akashi karena Selat Naruto terlalu sempit. Dibutuhkan sekitar 5 jam untuk mencapai Harimanada di mana air pasang memenuhi pasang lain yang berasal dari Selat Bungo ke laut pedalaman. Ketika air pasang sampai di Harimanada, sisi Samudera Pasifik mulai surut 6 jam kemudian. Pada titik ini, Selat naruto menerima perbedaan muka air hingga 1,5 meter, dan hal ini menciptakan pusaran air. Perbedaan kecepatan antara aliran tengah yang cepat dan aliran sisi yang lambat menyebabkan pusaran air.



Selain itu, dasar laut di bawah Jembatan Ohnaruto memiliki bentuk V curam, dengan bagian terdalam sekitar 90m di bawah dasar laut yang umum. Juga, garis 140 meter dibawah permukaan laut berjalan ke sisi selatan Selat dan garis 200 meter dibawah permukaan laut berjalan ke utara dari Selat. Ciri-ciri geografis dari selat Naruto dan aliran air laut yang disebabkan oleh perubahan arus menciptakan pusaran air Naruto.
Whirlpool selat Naruto diameternya bisa mencapai hingga 20m diameter. Selain itu, selama pasang musim semi, kecepatan arus bisa mencapai 20km per jam, membuat naruto adalah whirlpool tercepat keempat di dunia, dan menyebabkan suara menderu yang besar. Dikatakan bahwa nama Naruto, yang berarti “Resounding Seto” dalam bahasa Jepang, diberikan kepadanya karena suara ini. Wisatawan maupun penduduk setempat menyaksikan pasang dan arus pusaran air raksasa dari kapal atau dari atas di Jembatan Naruto.

Garofalo – Strait of Messina Whirlpool



Homer menceritakan kisah-kisah Odysseus pada perjalanan laut mistis yang berbahaya di mana ia bertemu dua makhluk abadi yang disebut Scylla dan Charybdis. Meskipun bukan rakasa laut, Charybdis tinggal di di Selat Messina yang sekarang disebut Garofalo. Di sinilah dasar laut menurun tajam dan angin mengalir melawan arah arus pasang yang kuat untuk membentuk fenomena oseanografi lainnya. Selat Messina memiliki lebar 1.9 mil pada titik tersempitnya dengan kedalaman 830 meter. Pusaran Garofalo terjadi dalam tubuh sempit air antara ujung selatan Calabria dan ujung timur Sisilia, Italia. Laut berombak berbahaya dan pusaran air masih bisa membalikkan perahu kecil dan menimbulkan kerusakan yang dapat membahayakan untuk perahu yang lebih besar.

Maelstrom Ligura



Laut Liguria, sebuah lengan dari Laut Mediterania, diairi oleh Sungai Arno. Dasar laut dan arus pasang yang bertentangan, keduanya menyebabkan maelstrom terbentuk. Dongeng dan legenda diperkirakan telah menceritakan tentang pusaran air di daerah selatan Italia ini. Kata maelstrom juga bisa berarti kekacauan dan kekuatan destruktif tak terhindarkan. Pusaran air di Liguria yang menggeliat dan berputar, mengingatkan semua orang untuk memperhatikan secara seksama pada kekuatan yang menghancurkan dari alam.

Maelstrom Doctor Cove



Di provinsi Nova Scotia, Canada, telah lama digembar-gemborkan oleh penggemar maritim, sebuah bentuk pusaran di Dokter Cove. Kombinasi dari lubang sembur dan kuat arus pasang menciptakan pusaran dengan downdraft yang kuat. Saat ini, maelstroms ini telah didokumentasikan dengan baik dan kapal-kapal diperingatkan untuk menghindarinya. Meskipun pusaran air yang kuat ini dikatakan telah banyak membunuh, namun hanya ada sedikit bukti aktual dari kapal-kapal yang tersedot di bawah laut.

Subscribe to receive free email updates: