Manfaat Dan Bahaya Makan Pedas Bagi Kesehatan

bahaya makanan pedas,makan pedas,makanan pedas
Orang Indonesia pastinya sangat menyukai dengan makanan pedas, banyak sekali kuliner khas Indonesia yang identik dengan pedasnya. Makan pedas memang enak dan memiliki manfaat juga lho, namun ada juga bahayanya jika terlalu sering mengkonsumsi pedas. Yuk langsung saja kita simak manfaat dan bahaya makan pedas.

Manfaat Makan Pedas :
1. Menurunkan berat badan
Jika punya masalah pada berat badan, makan pedas yang cukup bisa mengatasinya, ini dikarenakan makan pedas dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga 8 persen, senyawa utama pada cabai, yaitu Kapsaisin, memiliki dampak Termogenik, yakni pengeluaran energi yang dapat membakar kalori.

2. Untuk kesehatan jantung
Kandungan cabai dapat menyehatkan jantung dengan mencegah pembekuan darah dan kadar kolestrol jahatnya bisa memperlancar peredaran darah yang membuat denyut jantung menjadi normal dan sehat.

3. Mencegah Kanker
American Cancer Sosiety menyatakan bahwa makan pedas dapat mencegah kanker, itu karena Senyawa Kapsaisin pada cabai dapat memperlambat pembentukan sel-sel kanker prostat, tidak hanya cabai, rempah - rempah pedas yang mengandung curcumin antioksidan aktif juga dapat mencegah kanker.
  
Bahaya Makan Pedas :
1. Sulit tidur / insomnia
Beberapa sumber menyebutkan makan pedas yang terlalu sering akan membuat kita susah tidur dimalam hari atau Insomsia.

2. Bahaya untuk lambung
Makan pedas dapat membuat dinding lambung rusak, ini karena makanan pedas adalah kombinasi asam, jadi kalau terlalu banyak asam yang masuk kedalam tubuh, maka sangat berbahaya untuk lambung.

3. Penyebab usus buntu?
Banyak yang percaya, makan pedas atau tepatnya biji cabai dapat memicu usus buntu karena akan nyangkut ditubuh. Namun ada pernyataan berbeda, seperti yang kami kutip dari healt.detik (28/10/2014), biji cabai memang bisa nyakut, tapi biasanya keluar lagi ketika buang air besar.

4. Penyebab Maag
Makan pedas juga dapat menimbulkan ulkus lambung atau tukak lambung, hal ini disebut juga ulkus duodenum. Bahan Kimia pada pedas menyebabkan iritasi pada ulkus sehingga akan timbul perdarahan dan peredangan. Gejala dari tukak lambung ini adalah muntah - muntah, mual dan sakit perut. Jika anda memiliki ulkus lambung, lebih baik hindari makan pedas.

Bahaya makan pedas diatas adalah jika dikonsumsi terlalu sering atau berlebihan, jadi kalau makan pedas jangan terlalu sering ya. Sekian bahasan mengenai manfaat dan bahaya makan pedas, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: