Mari Kita Bongkar Cara Kerja Injeksi Yamaha, YMJet-FI

Teknologi fuel injection saat ini mulai banyak digemari pecinta automotif Tanah Air. Pabrikan sepeda motor di Indonesia pun berlomba menelurkan varian sepeda motor FI terbarunya.

Begitu juga dengan pabrikan sepeda motor Yamaha yang memiliki teknologi YMJet-FI. Teknologi FI ini diklaim oleh pabrikan berlambang garpu tala ini sebagai teknologi injeksi yang kencang dan irit.

Yamaha YMJet-FI
Menurut Supervisor Service dan Education YIMM, Slamet, untuk cara kerja teknologi fuel injection ini diibaratkan terbagi menjadi tiga grup, yaitu sensor, controller, dan actuator.

"Jadi sistem teknologi fuel injection ini semua diatur dengan sistem sensor, lalu dikirimkan ke controller atau yang biasa disebut ECU motor, yang kemudian ke actuator. Untuk motor-motor besar seperti R1 dan R6 terdapat sistem sensor yang lebih banyak dibanding motor biasa," papar Slamet, dalam seminar Fuel Injection Yamaha, di DDS Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu (19/2/2014).

Lebih lanjut Slamet menjelaskan, dalam sistem sensor terdapat Throttle Position Sensor, Intake Air Pressure Sensor, Intake Air Temperature Sensor, Crankshaft Position Sensor, Coolant/oli Temperature Sensor, Oxygen Sensor.

Fungsi Throttle Position Sensor berguna untuk mengatur bukaan katup gas, Intake Air Pressure Sensor untuk tekanan udara, Intake Air Temperature Sensor untuk mengetahui suhu udara ke ruang bakar.

"Sistem Crankshaft Position Sensor untuk mengetahui posisi crankshaft, Coolant atau oli Temperature Sensor untuk mengetahui suhu pada mesin motor, dan Oxygen Sensor untuk mengetahui oksigen yang akan keluar melalui sistem pembuangan," pungkasnya. (Sumber : autos.okezone.com)

Subscribe to receive free email updates: