Cara Gampang Scan KTP/SIM Menggunakan HP Android

Apabila anda ingin men-scan KTP, SIM, catatan kuliah atau tanda pengenal yang lain tapi anda tidak memiliki scanner? jangan khawatir, hal ini dapat memudahkan anda hanya bermodalkan smartphone android.

Salah satu aplikasi yang dapat berfungsi sebagai scanner adalah Google Drive, Aplikasi ini berfungsi sebagai media penyimpanan online dan sharing data yang juga dilengkapi dengan teknologi OCR (Optical Character Recognition) yaitu alat mekanis atau elektronik yang digunakan menterjemahkan tulisan tangan ataupun naskah ketikan (biasanya dipindai menggunakan pemindai) menjadi teks yang dapat disunting dengan suatu aplikasi komputer.

Teknologi OCR Pada google drive mampu mengenali dokumen yang difoto menggunakan kamera sebagai objek yang juga memiliki kemampuan untuk mengenali setiap karakter yang terdapat pada dokumen tersebut.

Ketika melakukan scan menggunakan google drive, file yang dihasilkan memiliki format PDF dan tersimpan didalam google drive. berikut langkah-langkahnya :

1. Install aplikasi Google Drive di google play atau disini dan kemudian jalankan
2. Pilih Scan dibagian kanan pojok bawah.
3. Kemudian foto objek yang akan di scan
4. Setelah itu, hasil foto/scan bisa anda crop sesuai keinginan.

5. Hasil scan akan berformat PDF dan tersimpan di google drive, untuk menyimpannya didalam memori sd card silahkan download file tersebut.

Ada banyak aplikasi yang juga memiliki fitur scan yang bisa anda download di google play. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: